Tuesday, April 5, 2011

The Secret Garden (book)


The Secret Garden adalah sebuah buku cerita anak-anak karya Frances Hodgson Burnett yang paling terkenal. Buku ini bercerita tentang kekuatan penyembuhan dari alam. 

Mary dulunya adalah seorang gadis kecil yang sangat tidak menyenangkan. Ia pemarah, dengan rambut kusut dan wajah pucat, cara bicaranya pun sangat tidak menyenangkan. Ini karena ia selalu mendapatkan apapun yang diinginkannya, memiliki pelayan yang akan selalu ada saat ia membutuhkan sesuatu. 

Ayah Mary adalah seorang pejabat pemerintah Inggris di India yang selalu sibuk dengan urusannya, dan Ibunya adalah wanita yang sangat cantik, yang senang pergi ke pesta, dan ia tak pernah menginginkan anak. Oleh karena itu, ketika Mary lahir, ibunya menyerahkan semua perawatan Mary pada 'Ayah' nya. (begitulah Mary memanggil pengasuhnya)

Saat terjadi wabah kolera di India, tempat ia tinggal, Mary kehilangan orang tua yang mengasuhnya. Ia kemudian dikirim ke Misselthwaite Manor, Inggris, ke tempat pamannya yang tak pernah ia lihat, Mr. Craven. Mr. Craven adalah seorang pria bungkuk yang telah kehilangan istrinya akibat sebuah kecelakaan menyedihkan yang membuat Mr. Craven menutup diri dari sekitarnya. Rumah Mr. Craven sendiri sangat besar, dengan ratusan kamar, dan tampak seperti sebuah kastil, namun sudah tua dan agak menyeramkan.

Di sana ia bertemu dengan seorang pelayan bernama Martha, wanita berlogat Yorkshire yang senang mengoceh dan bercerita. Ia memiliki adik bernama Dickon, anak laki-laki yang tahu semua tentang Moor -bukit tempat 'kastil' Mr. Craven berada. Dickon sama menariknya dengan Martha, ia seperti sahabat bagi para burung, serigala, dan serangga yang ada di Moor. Mary yang tadinya bingung atas apa yang bisa dilakukannya di Moor yang sepi orang, kini suka berjalan-jalan di taman Mr. Craven yang sangat besar. Karena seharian ia menjelajah, ia selalu kelelahan dan menghabiskan makanannya. Wajahnya yang pucat perlahan-lahan memerah, dan ia menjadi lebih gemuk -ingat betapa kurusnya dan pucat tampangnya dulu.

Di antara taman-taman Mr. Craven yang besar, suatu hari ia menemukan sebuah taman yang dikelilingi empat tembok tanaman yang sangat tinggi, karena itu selama ini ia tidak pernah mengetahui keberadaan taman itu. Taman itu sudah tidak terurus. Semak mawarnya, pohon-pohonnya, semuanya abu-abu dan tampak mati. Tapi saat ia menunjukkan taman itu pada Dickon, Dickon bilang bahwa taman itu belum mati. Mawar-mawar itu masih bisa tumbuh, nanti di musim semi. Mary dan Dickon merahasiakan keberadaan taman itu dari siapapun. Mereka berdua kemudian berusaha menghidupkan taman itu kembali, menjadi taman yang indah dan menakjubkan. Mary senang karena ia melakukan hal yang 'rahasia', dan menemukan taman menakjubkan yang dikelilingi empat tembok tanaman besar.

Rumah Mr. Craven pun ternyata menyimpan rahasia lain selain taman itu. Saat Mary iseng membuka satu-persatu kamar-kamar yang jumlahnya ratusan dalam rumah Mr. Craven, ia menemukan seorang anak laki-laki yang tampangnya sangat tidak menyenangkan -seperti dirinya sendiri ketika di India. Anak itu bukan hantu, melainkan anak Mr. Craven yang sakit-sakitan, dan tidak bisa berjalan, yang bernama Colin. Ia selalu di dalam kamar, dan para pelayan merahasiakan keberadaannya dari Mary.

Mary kemudian mengajak Colin dalam 'permainan rahasia'nya bersama Dickon. Mary dan Dickon mendorong kursi roda Colin -sebelumnya Colin tidak pernah mau keluar kamar, karena ia pikir ia bisa mati kalau kena udara dingin sedikit saja. Colin, sama seperti Mary, kemudian larut dalam kesehariannya menghidupkan kembali taman itu bersama Dickon. Mereka di sana sampai sore, menanam bibit bunga, memperhatikan tunas-tunas hijau yang hari demi hari muncul semakin banyak dari tanah.

Yang paling mengharukan tuh, nanti si Colin yang nggak pernah punya teman dan selalu di dalam kamar, histeris dan ketakutan, ia mencoba untuk berjalan. Saat Mr. Craven menemukan taman yang ia tutup sejak kematian istrinya yang meninggal karena tertimpa pohon di taman itu, ia marah bukan main pada Mary, tapi saat melihat Colin berdiri dari kursi roda perlahan-lahan dan berjalan ke arahnya.... Aish, keren dah...
Hm.. aku yakin aku pernah nonton anime seperti ini di TV sebelumnya,, tapi lupaa. Haha.

Nah, kalo mau baca lengkapnya, bisa donlot gratis ebooknya *tapi nemu gratis yang bahasa Inggris adanya* di http://www.manybooks.net/titles/burnettf1739617396-8.html

No comments:

Post a Comment