Tuesday, February 1, 2011

Shura No Toki a.k.a Samurai



Shura No Toki bercerita tentang riwayat beberapa anggota keluarga Mutsu yang menganut aliran enmei, sebuah aliran ilmu beladiri yang bertarung dengan tangan kosong, pada era shura di Jepang. Menariknya, banyak tokoh-tokoh keluarga Mutsu dalam kisah ini yang dihubungkan dengan kisah tokoh-tokoh nyata dalam sejarah Jepang dari masa ke masa, seperti Ryoma Sakamoto, Shinsengumi dan Yoshitsune dari keluarga Minamoto. Dalam setiap kisahnya, keluarga Mutsu tampak bekerja di balik layar pergerakan sejarah dan memiliki peran penting sebagai penasihat perang, pelindung, sahabat dan banyak lagi bagi tokoh-tokoh itu.

Pertama aku membaca komik ini waktu masih bocah ingusan (ini komik pertamaku!). Gara-gara komik ini, aku yang seorang gadis kecil yang tadinya suka nonton Sailormoon jadi merasa betapa kerennya hal yang disebut "Janji Seorang Pria". Wuahaha.. gembull..

Umumnya satu volume komik ini menyajikan kisah satu tokoh Mutsu, namun kisah Yoshitsune di vol 7 menghabiskan beberapa volume. Yaah, aku juga belum baca komiknya sampai tamat, kendala secara komik ini udah lama banget... Aku aja berburu di Senen buat dapet sampe vol 10.. T.T

Tapi, tapi, aku nemu DVD animenya...! hahaha. Dan seperti biasa, tentu aja Animenya beda dengan Komiknya... di animenya itu cuma 26 episode kalo nggak salah, trus cuma sampe volume 2. Tapi tetep keren, soalnya ceritanya lebih rinci dan jelas.. makin "laki-laki"

Volume 2, komiknya nih, isinya tentang Izumi Mutsu yang berkeliling Jepang demi mencari lawan tanding yang kuat. Biasa lah, orang kuat mah gitu kan. Nah, di Chiba, ia bertemu dengan Ryoma Sakamoto, samurai hebat namun kurang mengerahkan segenap kemampuannya, karena ia selalu berhati-hati dan menahan dirinya agar tidak sampai membunuh orang atau membuat orang lain terluka parah. Singkatnya, ia terlalu baik... sampai dijuluki Ryoma si Naga Tidur akibat sikapnya yang kelihatan selalu santai dalam pertandingan pedang.

Izumi yang sejak awal tertarik padanya, kemudian pergi ke dojo tempat Ryoma tinggal dan terang-terangan menantangnya bertarung. Yah, tapi biarpun dia bilang begitu, nyatanya ia hanya terus tinggal disisi Ryoma sebagai teman bengong dan ngobrol Ryoma. Sebenarnya Izumi menunggu, ia menunggu saat Ryoma siap untuk bersungguh-sungguh dan mengerahkan kemampuannya yang sebenarnya. Pada akhirnya, setelah melihat pertarungan Izumi dengan pemuda Soshi Okita di sebuah dojo bobrok dan miskin namun luar biasa memiliki potensi pemain pedang, Ryoma jadi ingin bertarung dengan sungguh-sungguh. Namun Ryoma kalah. Ia kalah dari Izumi dan bilang bahwa ia akan berhenti bermain pedang dan mengejar impiannya sendiri.

Izumi dan Ryoma saat itu berjanji untuk mewujudkan cita-cita mereka masing-masing. Ryoma yang ingin memiliki armada Kapal Hitam (sebutan untuk kapal perang komodor Perry yang saat itu mulai memasuki Jepang yang terisolasi dari dunia luar), dan Izumi yang ingin menjelajahi dunia untuk mencari dan bertarung orang-orang kuat. lalu, Izumi memberikan selembar kertas besar bergambarkan peta dunia kepada Ryoma.
"Sebagai gantinya, kalau kamu berhasil mendapatkan kapal hitam, kamu harus memanggilku dan mengajakku keliling dunia."



Meskipun komik dan anime ini sangat "lelaki", tapi aku suka banget. Terutama cerita tentang Izumi Mutsu ini, melukiskan persahabatan yang luar biasa dan keluarbiasaan "janji laki-laki". Kereeeen banget deh. Empat Jempol!

No comments:

Post a Comment